Pages

Thursday, 10 April 2014

METOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI



A.    Metodologi Pengembangan Sistem
            Metologi pengembangan sistem adalah langkah-langkah yang dilalui oleh analisis sistem dalam pengembangan sistem informasi. Pengembangan sistem akuntansi dilaksanakan melalui tiga tahap utama berikut ini:
1.      Analisis sistem ( syistem analysis )
2.      Desain sistem ( system design )
3.      Implementasi sistem ( system implementationn )
Tahap pengembangan system dan nama dokumen tertulis yang dihasilkan oleh analisis system dalam setiap tahap pengembangan system disajikan sebagai berikut ini:
1.      Analisis system
Ø  Laporan hasil analisis system
Ø  Usulan pelaksanaan analisis system
2.      Desain sistem
Ø  Laporan final desain system secara rinci
Ø  Laporan final desain system secara garis besar
Ø  Usulan desain system secara garis besar
3.      Implementasi system
Ø  Laporan final inplementasi system
B.     Analisis Sistem
            Kegagalan analisis system dalam mengidentifikasi jenis informasi yang diperlukan oleh pemakai informasi akan mengakibatkan desain system yang tidak bermanfaat bagi pemakai informasi. Oleh karna itu, tahap analisis system merupakan tahap yang paling menentukan dalam keseluruhan tahap pengembangan system informasi.

Analisis sistem dapat dibagi menjadi empat tahap:
1.      Analisis pendahuluan
2.      Penyusunan usulan pelaksanaan analisis sistem
3.      Pelaksanaan analisis sistem
4.      Penyusunan laporan hasil analisis sistem
Hasil analisis system dituangkan dalam dokumen yang disebut laporan hasil analisis system.
1.      Analisis pendahuluan (preliminary Analisis)
Jika prusahaan memiliki departemen system informasi, pekerjaan pengembangan system akuntansi dalam prusahaan tersebut umumnya didahului dengan diterimanya permintaan jasa pengembangan system informasi dari pemakai informasi kepada analisis system dalam departemen tersebut. Permintaan jasa tersebut dituangkan dalam surat permintaan jasa pengembangan sistem informasi dan berisi penjelasan ringkas luas pekerjaan, hasil yang diinginkan dalam jangka waktu penyelesaian pekerjaan.
2.      Penyusunan Usulan Pelaksanaan Analisis system
Dalam dokumen “Usulan pelaksanaan analisis system” analisis system menjelaskan:
Ø  Alas an ringkas dan jelas yang mendasari dilakukannya pengembangan system akuntansi.
Ø  Pernyataan khusus tentang persyaratan kinerja yang diharapkan dari system akuntansi yang diusulkan.
Ø  Batasan luas analisis system yang akan dilakukan.
Ø  Identifikasi informasi yang kemungkinan harus di kumpulkan dalam analisis sistem.
Ø  Identifikasi sumbr-sumber potensial yang dapat menyediakan informasi yang diperlukan dalam analisis sistem.
Ø  Daftar peristiwa besar atau titik-titik pengecekan yang digunakan untuk mengecek perkembangan analisis sistem yang dilaksanakan oleh analisis sistem.
3.      Pelaksanaan analisis sistem
Ø  Analisis laporan yang dihasilkan sistem sekarang
Ø  Menganalisis transaksi
Ø  Mempelajari catatan pertama
Ø  Mempelajari catatan terakhir
4.      Sumber informasi dalam analisis sistem
Dalam analisis sistem, sumber informasi untuk pengembangan sistem akuntansi adalah:
v  Sistem akuntansi yang sekarang digunakan
v  Sumber intern yang lain
v  Sumber-sumber luar
Mamfaat utama dilakukannya analisis terhadap sistem akuntansi lama adalah:
Ø  Efektivitas sistem akuntansi yang sekarang digunakan.
Ø  Ide rancangan
Ø  Identifikasi sumber daya
Ø  Pengetahuan konversi
Ø  Titik awal yang sama dalam menuju ke perubahan baru.
5.      Teknik pengumpulan informasi dalam analisis sistem
Dalam tahap analisis sistem, pengumpulan informasi dilakukan analisis sistem dengan cara:
v  Wawancara
v  Kuensioner
v  Metode analisis kelompok
v  Pengamatan
v  Dan penganbilan sempel dan pengumpulan dokumen.
Dalam tahap analisis sistem, bentuk-bentuk pertanyaan yang diajukan analisis sistem adlah sebagai beruikut:
Ø  Apakah laporan keuangan ini menyajikan informasi sesuai dengan saudara perlukan?
Ø  Bagaimana memperbaiki mutu informasi yang dicantumkan dalam laporan keuangan yang saudara terima?
Ø  Apa pekerjaan saudara?
Ø  Apakah yang akan saudara capai melalui pekerjaan saudara?
Ø  Informasi keuangan tambahan apa yang saudara perlukan?
6.      Penyusunan laporan hasil analisis
Isi laporan hasil analisis sistem:
1)      Pernyatan kembali alas an yang mendasari dan luas analisis sistem yang dilakukan oleh analisis sistem.
2)      Daftar beras yang ditemukan oleh analisis sistem.
3)      Suatu renyataan persyaratan informasi yang di perlukan oleh pemakai informasi.
4)      Suatu pernyataan tentang asumsi penting yang dibuat oleh analisis sistem selama melaksakan analisis sistem.
5)      Suatu proyeksi sumberdaya yang diperlukan beserta biaya yang dibutuhkan dalam prancangan sistem akuntansi yang baru.
6)      Rekomendasi yang bersangkutan dengan sistem yang diusulkan atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh sistem yang diusulkan tersebut.
C.     Desain Sistem
Tahap desain sistem dibagi menjadi lima tahap:
1.      Desain sistem secara garis besar
2.      Penyusunan usulan desain sistem secara garis besar
3.      Evaluasi sistem
4.      Penyusunan laporan final desain sistem secara garis besar
5.      Desain sistem secara rinci
6.      Penyusunan laporan final desain sistem secara rinci
D.    Imflementasi Sistem
           Ø  Persiapan impelentasi sistem
           Ø  Pendidikan dan pelatihan karyawan
           Ø  Konvensi sistem

0 komentar:

Post a Comment

DAFTAR ISI