A. Metodologi Pengembangan Sistem
Metologi pengembangan
sistem adalah langkah-langkah yang dilalui oleh analisis sistem dalam
pengembangan sistem informasi. Pengembangan sistem akuntansi dilaksanakan
melalui tiga tahap utama berikut ini:
1.
Analisis
sistem ( syistem analysis )
2.
Desain
sistem ( system design )
3.
Implementasi sistem ( system
implementationn )
Tahap pengembangan
system dan nama dokumen tertulis yang dihasilkan oleh analisis system dalam
setiap tahap pengembangan system disajikan sebagai berikut ini:
1. Analisis
system
Ø Laporan
hasil analisis system
Ø Usulan
pelaksanaan analisis system
2.
Desain sistem
Ø Laporan
final desain system secara rinci
Ø Laporan
final desain system secara garis besar
Ø Usulan
desain system secara garis besar
3.
Implementasi system
Ø Laporan
final inplementasi system
B. Analisis Sistem
Kegagalan analisis system dalam mengidentifikasi jenis
informasi yang diperlukan oleh pemakai informasi akan mengakibatkan desain
system yang tidak bermanfaat bagi pemakai informasi. Oleh karna itu, tahap
analisis system merupakan tahap yang paling menentukan dalam keseluruhan tahap
pengembangan system informasi.
Analisis sistem dapat dibagi menjadi empat tahap:
1. Analisis pendahuluan
2. Penyusunan usulan pelaksanaan analisis sistem
3. Pelaksanaan analisis sistem
4. Penyusunan laporan hasil analisis sistem
Hasil analisis system
dituangkan dalam dokumen yang disebut laporan hasil analisis system.
1.
Analisis pendahuluan (preliminary
Analisis)
Jika
prusahaan memiliki departemen system informasi, pekerjaan pengembangan system
akuntansi dalam prusahaan tersebut umumnya didahului dengan diterimanya
permintaan jasa pengembangan system informasi dari pemakai informasi kepada
analisis system dalam departemen tersebut. Permintaan jasa tersebut dituangkan
dalam surat permintaan jasa pengembangan sistem informasi dan berisi penjelasan
ringkas luas pekerjaan, hasil yang diinginkan dalam jangka waktu penyelesaian
pekerjaan.
2.
Penyusunan Usulan Pelaksanaan Analisis
system
Dalam
dokumen “Usulan pelaksanaan analisis system” analisis system menjelaskan:
Ø Alas
an ringkas dan jelas yang mendasari dilakukannya pengembangan system akuntansi.
Ø Pernyataan
khusus tentang persyaratan kinerja yang diharapkan dari system akuntansi yang
diusulkan.
Ø Batasan
luas analisis system yang akan dilakukan.
Ø Identifikasi
informasi yang kemungkinan harus di kumpulkan dalam analisis sistem.
Ø Identifikasi
sumbr-sumber potensial yang dapat menyediakan informasi yang diperlukan dalam
analisis sistem.
Ø Daftar
peristiwa besar atau titik-titik pengecekan yang digunakan untuk mengecek
perkembangan analisis sistem yang dilaksanakan oleh analisis sistem.
3.
Pelaksanaan analisis sistem
Ø Analisis
laporan yang dihasilkan sistem sekarang
Ø Menganalisis
transaksi
Ø Mempelajari
catatan pertama
Ø Mempelajari
catatan terakhir
4.
Sumber informasi dalam analisis sistem
Dalam
analisis sistem, sumber informasi untuk pengembangan sistem akuntansi adalah:
v Sistem
akuntansi yang sekarang digunakan
v Sumber
intern yang lain
v Sumber-sumber
luar
Mamfaat
utama dilakukannya analisis terhadap sistem akuntansi lama adalah:
Ø Efektivitas
sistem akuntansi yang sekarang digunakan.
Ø Ide
rancangan
Ø Identifikasi
sumber daya
Ø Pengetahuan
konversi
Ø Titik
awal yang sama dalam menuju ke perubahan baru.
5.
Teknik pengumpulan informasi dalam analisis
sistem
Dalam
tahap analisis sistem, pengumpulan informasi dilakukan analisis sistem dengan
cara:
v Wawancara
v Kuensioner
v Metode
analisis kelompok
v Pengamatan
v Dan
penganbilan sempel dan pengumpulan dokumen.
Dalam
tahap analisis sistem, bentuk-bentuk pertanyaan yang diajukan analisis sistem
adlah sebagai beruikut:
Ø Apakah
laporan keuangan ini menyajikan informasi sesuai dengan saudara perlukan?
Ø Bagaimana
memperbaiki mutu informasi yang dicantumkan dalam laporan keuangan yang saudara
terima?
Ø Apa
pekerjaan saudara?
Ø Apakah
yang akan saudara capai melalui pekerjaan saudara?
Ø
Informasi keuangan tambahan apa yang
saudara perlukan?
6.
Penyusunan laporan hasil analisis
Isi
laporan hasil analisis sistem:
1) Pernyatan
kembali alas an yang mendasari dan luas analisis sistem yang dilakukan oleh
analisis sistem.
2) Daftar
beras yang ditemukan oleh analisis sistem.
3) Suatu
renyataan persyaratan informasi yang di perlukan oleh pemakai informasi.
4) Suatu
pernyataan tentang asumsi penting yang dibuat oleh analisis sistem selama melaksakan
analisis sistem.
5) Suatu
proyeksi sumberdaya yang diperlukan beserta biaya yang dibutuhkan dalam
prancangan sistem akuntansi yang baru.
6) Rekomendasi
yang bersangkutan dengan sistem yang diusulkan atau persyaratan-persyaratan
yang harus dipenuhi oleh sistem yang diusulkan tersebut.
C.
Desain Sistem
Tahap desain sistem dibagi menjadi lima tahap:
1.
Desain
sistem secara garis besar
2.
Penyusunan
usulan desain sistem secara garis besar
3.
Evaluasi
sistem
4.
Penyusunan
laporan final desain sistem secara garis besar
5.
Desain
sistem secara rinci
6.
Penyusunan
laporan final desain sistem secara rinci
Ø
Persiapan
impelentasi sistem
Ø
Pendidikan
dan pelatihan karyawan
Ø
Konvensi
sistem
0 komentar:
Post a Comment