Definisi
Menurut Munandar (2003,
hal 187) pengertian anggaran biaya administrasi adalah
Anggaran yang merencanakan secara lebih
terperinci tentang biaya yang terjadi serta biaya lain yang sifatnya untuk
keperluan secara keseluruhan, yang di dalamnya meliputi rencana tentang jenis
biaya administrasi, jumlah biaya administrasi, dan waktu (kapan) biaya
administrasi tersebut terjadi dan dibebankan, yang masing-masing dikaitkan
dengan tempat (departemen) dimana biaya administrasi tersebut terjadi.
Hal ini menggambarkan
bahwa jika perusahaan membagi kantor administrasi menjadi beberapa bagian, maka
rencana tentang biaya administrasi dan masing-masing bagian tersebut juga harus
diperinci dan dipisahkan secara jelas.
Termasuk dalam beban ini adalah :
a.
Gaji pegawai bagian adminstrasi
b.
Biaya tulis menulis
c.
Penyusutan atau depresi bangunan kantor
d.
Penyusutan atau depresi inventaris
kantor
e.
Biaya telefon
f.
Biaya listrik
g.
Gaji pimpinan perusahaan dan staf, dan
lain-lain
Biaya operasi ini
sifatnya berubah-ubah sejalan dengan kegiatan perusahaan atau biasanya biaya
operasi ini tergolong pada biaya variabel.
Ada beberapa bagian yang biasanya
dipergunakan dalam kantor administrasi dan umum antara lain :
a.
Bagian secretariat
b.
Bagian keuangan
c.
Bagian perlengkapan
d.
Bagian personalia
e.
Bagian perhubungan
Dalam penyusunan
anggaran biaya administrasi ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyusunan
anggaran biaya administrasi antara lain :
a.
Anggaran penjualan
b.
Anggaran unit yang diproduksikan
c.
Berbagai standar yang telah ditetapkan
perusahaan
d.
System pembayaran upah (gaji)
e.
Metode depresiasi
f.
Metode alokasi biaya
Dalam mempersiapkan dan
menyusun anggaran sangat tergantung pada struktur organisasi dari masing-masing
perusahaan, akan tetapi pada garis besarnya tugas mempersiapkan dan menyusun
anggaran dapt didelegasikan kepada :
- Bagian
administrasi, bagi perusahaan kecil. Hal ini disebabkan karena
kegiatan-kegiatan perusahaan tidak terlalu kompleks, sederhana dengan
ruang lingkup terbatas, sehingga tugas penyusunan anggaran dapat
diserahkan kepada salah satu bagian saja dari perusahaan yang
bersangkutan. Dibagian administrasi inilah terkumpul semua data-data dan
informasi yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, baik kegiatan di
bidang pemasaran, kegiatan di bidang produksi, kegiatan di bidang
pembelanjaan, maupun kegiatan di bidang personalia. Dengan bekal data dan
informasi tersebut ditambah dengan data dan informasi dari luar perusahaan
(ekstern), bagian administrasi diharapkan lebih mampu menyusun anggaran
daripada bagian-bagian lain dalam perusahaan.
- Panitia
anggaran, bagi perusahaan yang besar. Hal ini disebabkan karena kegiatan
perusahaan yang cukup kompleks, beraneka ragam, dengan ruang lingkup yang
cukup luas, sehingga bagian administrasi tidak mungkin dan tidak mampu
lagi menyusun anggaran sendiri tanpa partisipasi secara aktif
bagian-bagian lain dalam perusahaan. Oleh karena itu tugas menyusun
anggaran perlu melibatkan semua unsur yang mewakili semua bagian yang ada
dalam perusahaan, yang duduk dalam panitia anggaran . Tim penyusun
anggaran ini biasanya diketuai oleh salah seorang pimpinan perusahaan
dengan anggota-anggota yang mewakili bagian pemasaran, bagian produksi,
bagian perbelanjaan serta bagian personalia.
Sebelum disyahkan oleh pimpinan tertinggi
perusahaan, masih dimungkinkan pula untuk diadakannya pembahasan-pembahasan
antara pimpinan tertinggi perusahaan dengan pihak yang diserahi tugas menyusun
rancangan anggaran tersebut.
Setelah disyahkan oleh pimpinan tertinggi
perusahaan, maka rancangan anggaran tersebut telah menjadi anggaran yang
defenitif, yang akan dijadikan sebagai pedoman kerja, sebagai alat
pengkoordinasian kerja dan sebagai alat pengawasan. Bilamana tugas penyusunan
rancangan anggaran serta anggaran yang defenitif telah selesai, maka panitia
anggaran tidak bubar, melainkan secara berkala masih perlu mengadakan
pertemuan-pertemuan konsultatif guna membahas pelaksanaan anggaran tersebut
dari waktu ke waktu, untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi, serta
mengadakan revisi-revisi terhadap anggaran yang telah disusun bilamana memang
dirasa perlu.
Menurut Mulyadi (2003: 502) dalam organisasi
penyusunan anggaran terdapat tiga pihak utama yang terkait dalam penyusunan
anggaran :
v Komite
anggaran
Terdiri
dari :
·
Direktur utama, sebagai ketua merangkap
anggota komite
·
Direktur pemasaran, sebagai anggota
·
Direktur produksi, sebagai anggota
·
Direktur keuangan dan administrasi,
sebagai anggota
·
Manajer departemen keuangan, sebagai
sekretaris komite
·
Departemen anggaran
Adapun kegunaan
anggaran biaya penjualan dan anggaran biaya administrasi dan umum secara khusus
yaitu berguna sebagai dasar untuk menyusun anggaran kas. Hal ini disebabkan
karena sebagian dari biaya penjualan dan biaya administrasi dan umum tersebut
memerlukan pengeluaran kas.
Contoh anggaran Biaya
Penjualan dan Administrasi dapat dilihat berikut ini :
Gambar 2.1.
Anggaran Biaya Penjualan dan
Administrasi
Elite Accessories Inc.
Anggaran Biaya Penjualan dan
Administrasi
Untuk Tahun Yang Berakhir 31 Desember
2003
|
Biaya Penjualan :
Biaya gaji tenaga kerja……………………………………$
715.000
Biaya iklan………………………………………………… 360.000
Biaya perjalanan……………………………………………
115.000
Total biaya
penjualan………………………………………...$ 1.190.000
Biaya Administrasi :
Biaya gaji pejabat
kantor…………………………………$ 360.000
Biaya gaji pegawai
kantor……………………………….. 258.000
Biaya sewa kantor…………………………………………
34.000
Biaya perlengkapan
kantor……………………………….. 17.500
Biaya administrasi
rupa-rupa…………………………….. 25.000
Total biaya administrasi……………………………………..
695.000
Total biaya penjualan dan
administrasi………………………………..$ 1.885.000
|
Sumber : Sinuraya, (2003 : 11)
BUDGET COSTADMINISTRATION
Definition
According To Munandar
(2003, case 187) estimate insight finance administration is
Estimate that plan by
more detailed on finance which occur and finance other that the nature for
overall need , that in it cover article on type finance administration, number
finance administration, and time (shroud) finance that administration happened
and is burdened, which respectively associated with place (departemen) where
finance that administration happened.
This case picture bahwa
if membagi kantor industry administration become a few bagian, so article on
administration subsidy and respective that bagian also should be detailed and
separated clearly.
Entered into this burden is :
- Bagian
officer's pay adminstrasi
- Finance write
write
- Depreciation
or depression kantor building
- Depreciation
or depresi inventaris kantor
- Finance
telephone
- Finance
listrik
- Leadership
salary and staff, and others
Finance this operation
the nature changing parallel with industrial activities or usually finance this
operation included in variable subsidy.
There is a few bagian that is usually
used in kantor administration and announce among others :
a. Bagian
secretariat
b. Bagian
keuangan
c. Bagian
equipment
d. Bagian
personalia
e. Bagian
relationship
In estimate compilation
finance administration there are several factors which influenced estimate
compilation finance administration among others :
- Sale
estimate
- Unit
estimate that diproduksikan
- Various
standar that was prescribed industry
- System wage
payment (salary)
- Depreciation
method
- Alokasi
method finance
In prepare and arrange
estimate really hang in organisational structure from respective industry,
however in the main line task prepare and arrange dapt didelegasikan estimate
to :
a. Section
administration, for small enterprise. This case due to beause industri
activities not too complicated, medium with scope limited, until compilation
task can commended to either bagian only from industry touching. This Dibagian
administration accumulated all data data and information which covered all
industrial activities, good activity in field marketing, activity in field
production, activity in field disbursement, though activity in field
personalia. With data provision and that information augmented with data and
information from outside industry (ekstern), administration bagian hoped abler
arrange estimate from other bagian-bagian in industry.
b. Estimate
committee, for industry that is large. This case due to karena industrial
activities that is enough complex, various, with scope that is sufficiently
large, until administration bagian could not and can no longer afford arrange
own estimate without actively partisipasi other bagian-bagian in industry. By
the karena task arrange estimate need to involving all element which represents
all bagian that had in industry , that sit down in estimate committee . This
Tim estimate compiler normally is led by one of industry leadership with
members which represents marketing bagian, production bagian, expenditure
bagian and personalia bagian.
Before disyahkan by industry highest leadership,
still make possible on the other hand to be held him pembahasan-pembahasan between
industry highest leadership with party that diserahi task arrange that estimate
plan.
After legal by industry highest leadership, so that
estimate plan has become estimate that defenitif , that would make as staff
manual , as pengkoordinasian tool work and as monitoring equipment. When
compilation task estimate and estimate that defenitif has been completed, so
estimate committee not dissolve, unless periodically still need to hold
consultative 's meetings use debate that budget implementation from time to
time, to increase work same and coordination, and hold revisi-revisi on
estimate that was compiled when certainly felt have to be.
According To Mulyadi (2003: 502) in compilation
organization there was three main party that snarling in estimate compilation :
v Committee
estimate
Are made up :
·
Major Direktur , as chief cum komite
member
·
Direktur marketing , as member
·
Direktur production , as member
·
Direktur keuangan and administration ,
as member
·
Manajer departemen finances , as
sekretaris committee
·
Departemen estimate
There is estimate
finance use sale and estimate finance administration and announce specifically
useful yaitu as policy to order cast estimate. This case due to karena sebagian
from sale subsidy and finance administration and announce that need cast
production.
Estimate example Biaya
Penjualan and visible Administrasi following this:
Picture 2.1.
Cost Budget Sale and Administration
Elite Accessories Inc.
Cost budget Sale and Administration
For Year Which Ended 31 Desember 2003
|
Finance Sale :
Finance salary of work
force……………………………………$ 715.000
Finance advertisement…………………………………………………
360.000
Finance journey……………………………………………
115.000
Total finance sale……………………………………….$
1.190.000
Finance Administration :
Finance office salary kantor…………………………………$
360.000
Finance office officer's pay……………………………….
258.000
Finance office rent…………………………………………
34.000
Finance office equipment……………………………….
17.500
Finance others administration…………………………….
25.000
Total finance administration…………………………………….
695.000
Total finance sale and
administration……………………………….$ 1.885.000
|
0 komentar:
Post a Comment