Pages

Wednesday 8 April 2015

Makalah Mobilitas Kelompok Sosial


BAB I
MOBILITAS KELOMPOK SOSIAL

1.1. Definisi Mobilitas kelompok Sosial
Mobilitas berasal dari kata mobilis, yang artinya mudah bermobilitas atau mudah dipindahkan. Mobilitas kelompok sosial (social mobility) adalah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola tertentu yang mengatur organisasi atau kelompok sosial.
Mobilitas kelompok sosial terjadi pada semua masyarakat meskipun dengan kecepatan yang berbeda-beda, sesuai dengan sistem yang diterapkan masyarakat dalam menyusun kehidupan sosialnya atau bermasyarakat.
Definisi mobilitas kelompok sosial menurut beberapa ahli sosiologi :
• William Kornblum (1988: 172)
Mobilitas kelompok sosial adalah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga, dan kelompok sosialnya dari satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.
• Kimball Young dan Raymond W. Mack (Soekanto, 2001: 275)
Mobilitas kelompok sosial adalah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.
1.2. Jenis-Jenis Mobilitas kelompok Sosial
Mobilitas kelompok Sosial Berdasarkan tipenya, mobilitas kelmpok sosial dibedakan menjadi empat yaitu mobilitas sosial vertikal, horizontal, lateral,dan struktural.
1.2.1. Mobilitas sosial vertikal
Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan individu atau objek dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat. Jadi pergerakannya vertikal; daria atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Mobilitas ini dibedakan menjadi dua.
1.2.2. Moblitas sosial horizontal
Mobilitas sosial horizontal merupakan peralihan individu atau kelompok sosial dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sedrajat. Mobilitas sosial horizontal tidak menimbulkan pengaruh sosial secara langsung terhadap status social seseorang dan skala wibawanya tidak berubah menjadi naik atau turun. Selain itu dalam mobilitas sosial horizontal dapat pula terjadi perpindahan objek-objek social lainnya.
1.2.3. Mobilitas sosial lateral
Mobilitas lateral disebut juga mobilitas geografis. Mobilitas lateral mengacu pada mobilitas perpindahan orang-orang, baik secara individual maupun kelompok, dari wilayah satu ke wilayah yang lain yang secara tidak langsung mengubah status sosial seseorang
1.2.4. Mobilitas struktural
Menurut Basis, mobilitas struktural adalh mobilitas yang disebabkan oleh inovasi tekhnologi, urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, peperangan dan kejadian-kejadian lainnya yang mengubah struktur dan jenis kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Jadi mobilitas struktural meliputi kesatuan yang luas dan kompleks. Mobilitas strukstural juga dapat mengarah pada mobilitas ke atas dan dapat pula mobilitas ke bawah. Dengan kata lain, mobilitas struktural cenderung mengarah pada mobilitas sosial vertikal.

0 komentar:

Post a Comment

DAFTAR ISI